Definisi Kaligrafi Dan Khat
Definisi Kaligrafi dan Khat
Definisi Kaligrafi dan Khat - Kaligrafi berasal dari bahasa Yunani. (kallos) berarti indah dan (graphe) yang artinya tulisan. Syaikh Syamsuddin Al Akhfani (Dalam Irsyad Al Qoshid, 2000) Kaligrafi adalah suatu ilmu yang memperkenalkan beberapa bentuk-bentuk huruf tunggal, letak-letaknya, dan beberapa cara merangkainya sehingga menjadi sebuah kalimat tersusun. Atau apa-apa yang ditulis di atas garis-garis, bagaimana cara menulisnya dan menentukan mana yang tidak perlu ditulis; mengubah ejaan yang perlu diubah dan menentukan cara bagaimana untuk mengubahnya.
“Kaligrafi Islam adalah seni menulis huruf Arab dengan indah yang isinya mengenai ayat-ayat Alquran atau Alhadits.” Didin Sirojuddin (2006, 3).
“Khat adalah rangkaian huruf-huruf hijaiyah yang memuat ayat-ayat Alquran atau Alhadits ataupun kalimat hikmah di mana rangkaian huruf-huruf itu dibuat dengan proporsi yang sesuai, baik jarak maupun ketepatan sapuan huruf”. Abdul Rahman (2006).
Kesimpulannya, kaligrafi Islam merupakan seni menulis huruf Arab dengan indah, merangkai susunan huruf-huruf tunggal, letak-letaknya dan cara-cara merangkai menjadi sebuah kalimat tersusun, yang isinya mengenai ayat-ayat Alquran atau Alhadits.
Khat Arab dinamakan Jazm karena khat kufi pada awalnya bernama Jazm, sebelum kota Kufah didirikan. Dinamakan Jazm karena dia „juzima‟ atau terpotong dan dilahirkan dari fan Musnad Humeiri. Khat ini juga disebut sebagai khat Muzawwa (kubisme) merupakan tulisan Arab yang asal. Khat ini pernah masyhur di Hirah, Raha dan Nashibain sebelum berdirinya kota Kufah. Tulisan ini yang juga dipanggil khat Hieri (dari perkataan Hirah) diakui sebagai tulisan yang pernah memainkan peranan penting dalam menyalin masalah-masalah keagamaan.
Khat kufi mempunyai ciri istimewa dan berbeda dengan khat-khat lain. Khat kufi mudah dikenal, sifatnya yang bersudut-sudut atau bersegi, mempunyai ukuran yang seimbang dan spesifik khat ini nampak lebih kokoh dan ringkas. Sapuan garis vertikalnya pendek manakala sapuan garis horizontal memanjang dalam ukuran yang sama lebar. Maka ini akan menyebabkan tulisan khat kufi kelihatan berbentuk segiempat panjang. Hal yang penting dalam menulis khat ini ialah menekankan bahwa khat kufi dari jenis tulisan yang bersiku-siku.
Kemashyuran khat kufi:
- Pada
pertengahan abad kedelapanlah khat kufi mencapai tahap
kesempurnaannya.
- Selama
tiga ratus tahun lamanya khat kufi diiktiraf sebagai “raja tulisan” dan
merupakan satu-satunya tulisan yang digunakan untuk menyalin Al-Quran.
Umumnya, mushaf-mushaf Al-Quran terdahulu ditulis dengan khat kufi yang
menggunakan format (ukuran) empat persegi panjang.
- Pada
abad ke-10 gaya tulisan kursif mulai menjadi terkenal. Khat kufi juga
tidak ketinggalan dan mulai menekankan bentuk gaya kursif dan geometri
yang di kenal sebagai “Kufi Timur”.
- Didapati
bahwa sapuan vertikal gaya ini adalah lebih lembut berbanding gaya khat
kufi sebelum ini yang agak kasar. Tulisan 8 gaya ini lebih banyak
digunakan dalam penulisan buku daripada digunakan dalam hiasan
bangunan.
- Khat
kufi amat masyhur dan terus diutamakan untuk penulisan Al-Quran hingga
diganti dengan gaya naskhi Atabag di zaman Atabag (545H) di Mosul dan
Utara Syam.
Penggunaan
khat kufi walaupun telah diketahui bahwa khat kufi digunakan untuk tugas-tugas
menyalin Al-Quran tetapi fungsinya tidak terbatas pada tugas tersebut saja.
Khat kufi turut digunakan sebagai lambang-lambang dalam transkrip Arab atau
sebagai tulisan hiasan.
Pada abad ke-8 khat kufi di gunakan secara meluas dan dicetak pada mata uang logam dan dan tulisan pada hari-hari kebesaran. Malahan khat kufilah yang digunakan untuk cetakan mata uang dirham pada zaman al khulafa al rashidin (r.a), pemerintahan bani Umaiyyah, Abbasiyah dan ketika kekuasaan Islam di Andalusia (Spanyol). Di Afrika Utara mata uang yang di buat pada akhir abad pertama dan permulaan abad kedua hijrah dicetak dalam gaya khat kufi dalam tiga bahasa.
Pada sekitar abad ke-13 dan abad ke-14 khat kufi mulai digunakan sebagai hiasan pada bangunan. Gaya khat Kufi merupakan satu-satunya gaya yang di guna untuk menghiasi segenap ruang bangunan yang merupakan satu keistimewaan yang di miliki oleh seniman Islam.
Khat kufi hias mencapai puncak kegemilangannya pada pada abad kesebelas di bawah sultan-sultan Seljuk, yang berkuasa sejak berakhirnya zaman dinasti Abbasiyah. Malahan pada zaman kerajaan Abbasiyah sendiri khat kufi digunakan sebagai hiasan pada pelbagai bangunan masjid, gedung pemerintahan, kubah atau menara azan dan ditulis dalam bentuk ukiran timbul.
Di Morocco khat Kufi banyak di gunakan untuk menulis teksteks sejarah di sekitar Bandar Attarin Medersa pada kayu, hiasan pada pintu Challah of Rabat turut menggunakan gaya tulisan khat kufi. Di Alhambra motto Nasrid yaitu “La ghaliba illallah” hanya ditulis dengan gaya khat kufi saja. Tulisan khat kufi digunakan untuk menulis basmalah di „gate of Udaya‟ di Rabat, mihrab di masjid agung di Cordova, pada Nilometre (Miqyas) di pulau roda di Mesir pada abad ke-9. Seniman-seniman muslim di Mesir dan Syria di bawah khalifah Fathimiyah (909-1171) menggunakan khat kufi secara meluas dalam bidang hiasan pada logam, kaca dan tekstil.
Pada abad ke-8 khat kufi di gunakan secara meluas dan dicetak pada mata uang logam dan dan tulisan pada hari-hari kebesaran. Malahan khat kufilah yang digunakan untuk cetakan mata uang dirham pada zaman al khulafa al rashidin (r.a), pemerintahan bani Umaiyyah, Abbasiyah dan ketika kekuasaan Islam di Andalusia (Spanyol). Di Afrika Utara mata uang yang di buat pada akhir abad pertama dan permulaan abad kedua hijrah dicetak dalam gaya khat kufi dalam tiga bahasa.
Pada sekitar abad ke-13 dan abad ke-14 khat kufi mulai digunakan sebagai hiasan pada bangunan. Gaya khat Kufi merupakan satu-satunya gaya yang di guna untuk menghiasi segenap ruang bangunan yang merupakan satu keistimewaan yang di miliki oleh seniman Islam.
Khat kufi hias mencapai puncak kegemilangannya pada pada abad kesebelas di bawah sultan-sultan Seljuk, yang berkuasa sejak berakhirnya zaman dinasti Abbasiyah. Malahan pada zaman kerajaan Abbasiyah sendiri khat kufi digunakan sebagai hiasan pada pelbagai bangunan masjid, gedung pemerintahan, kubah atau menara azan dan ditulis dalam bentuk ukiran timbul.
Di Morocco khat Kufi banyak di gunakan untuk menulis teksteks sejarah di sekitar Bandar Attarin Medersa pada kayu, hiasan pada pintu Challah of Rabat turut menggunakan gaya tulisan khat kufi. Di Alhambra motto Nasrid yaitu “La ghaliba illallah” hanya ditulis dengan gaya khat kufi saja. Tulisan khat kufi digunakan untuk menulis basmalah di „gate of Udaya‟ di Rabat, mihrab di masjid agung di Cordova, pada Nilometre (Miqyas) di pulau roda di Mesir pada abad ke-9. Seniman-seniman muslim di Mesir dan Syria di bawah khalifah Fathimiyah (909-1171) menggunakan khat kufi secara meluas dalam bidang hiasan pada logam, kaca dan tekstil.
Definisi Kaligrafi dan Khat
Jenis-jenis
Khat
Dalam perkembangannya muncul ratusan jenis khat kaligrafi, tidak semua khat tersebut bertahan hingga saat ini. Terdapat delapan jenis khat kaligrafi yang populer yang dikenal oleh para pecinta seni kaligrafi di Indonesia, yaitu;
Dalam perkembangannya muncul ratusan jenis khat kaligrafi, tidak semua khat tersebut bertahan hingga saat ini. Terdapat delapan jenis khat kaligrafi yang populer yang dikenal oleh para pecinta seni kaligrafi di Indonesia, yaitu;
- Gaya
Naskhi - Kaligrafi gaya Naskhi paling sering dipakai umat Islam,
baik untuk menulis naskah keagamaan maupun tulisan sehari-hari. Gaya
Naskhi termasuk gaya penulisan kaligrafi tertua. Sejak kaidah penulisannya
dirumuskan secara sistematis oleh Ibnu Muqlah pada abad ke-10, gaya
kaligrafi ini sangat populer digunakan untuk menulis mushaf Alquran sampai
sekarang. Karakter hurufnya sederhana, nyaris tanpa hiasan tambahan,
sehingga mudah ditulis dan dibaca. [Didin Sirojuddin (2006)]
- Gaya
Tsuluts - Kaligrafi ini merupakan seorang menteri (wazir) di masa
Kekhalifahan Abbasiyah. Tulisan kaligrafi gaya Tsuluts sangat ornamental,
dengan banyak hiasan tambahan dan mudah dibentuk dalam komposisi tertentu
untuk memenuhi ruang tulisan yang tersedia. Karya kaligrafi yang
menggunakan gaya Tsuluts bisa ditulis dalam bentuk kurva, dengan kepala
meruncing dan terkadang ditulis dengan gaya sambung dan interseksi yang
kuat. Karena keindahan dan keluwesannya ini, gaya Tsuluts banyak digunakan
sebagai ornamen arsitektur masjid, sampul buku, dan dekorasi interior.
- Kaligrafi
gaya Farisi - Seperti tampak dari namanya, kaligrafi gaya Farisi
dikembangkan oleh orang Persia dan menjadi huruf resmi bangsa ini sejak
masa Dinasti Safawi sampai sekarang. Kaligrafi Farisi sangat mengutamakan
unsur garis, ditulis tanpa harakat, dan kepiawaian penulisnya ditentukan
oleh kelincahannya mempermainkan tebal-tipis huruf dalam 'takaran' yang
tepat. Gaya ini banyak digunakan sebagai dekorasi eksterior masjid di
Iran, yang biasanya dipadu dengan warna-warni Arabes.
- Gaya
Riq’ah - Kaligrafi ini merupakan hasil pengembangan kaligrafi gaya Naskhi
dan Tsuluts. Sebagaimana halnya dengan tulisan gaya Naskhi yang
dipakai dalam tulisan sehari-hari. Riq’ah dikembangkan oleh kaligrafer
Daulah Utsmaniyah, lazim pula digunakan untuk tulisan tangan biasa atau
untuk kepentingan praktis lainnya. Karakter hurufnya sangat sederhana,
tanpa harakat, sehingga memungkinkan untuk ditulis cepat.
- Ijazah
(Raihani) - Tulisan kaligrafi gaya Ijazah (Raihani) merupakan
perpaduan antara gaya Tsuluts dan Naskhi, yang dikembangkan oleh para
kaligrafer Daulah Usmani. Gaya ini lazim digunakan untuk penulisan ijazah
dari seorang guru kaligrafi kepada muridnya. Karakter hurufnya seperti
Tsuluts, tetapi lebih sederhana, sedikit hiasan tambahan, dan tidak
lazim ditulis secara bertumpuk (murakkab).
- Gaya
kaligrafi Diwani - Kaligrafi ini dikembangkan oleh kaligrafer Ibrahim
Munif. Kemudian, disempurnakan oleh Syaikh Hamdullah dan kaligrafer Daulah
Usmani di Turki akhir abad ke-15 dan awal abad ke-16.
- Gaya
ini digunakan untuk menulis kepala surat resmi kerajaan. Karakter gaya ini
bulat dan tidak berharakat. Keindahan tulisannya bergantung pada permainan
garisnya yang kadang-kadang pada huruf tertentu neninggi atau menurun,
jauh melebihi patokan garis horizontalnya. Model kaligrafi Diwani banyak
digunakan untuk ornamen arsitektur dan sampul buku.
- Gaya
Diwani Jali - Kaligrafi ini merupakan pengembangan gaya Diwani. Gaya
penulisan kaligrafi ini diperkenalkan oleh Hafiz Usman, seorang kaligrafer
terkemuka Daulah Usmani di Turki. Anatomi huruf Diwani Jali pada dasarnya
mirip Diwani, namun jauh lebih ornamental, padat, dan terkadang bertumpuk-tumpuk. Berbeda
dengan Diwani yang tidak berharakat, Diwani Jali sebaliknya sangat
melimpah. Harakat yang melimpah ini lebih ditujukan untuk keperluan
dekoratif dan tidak seluruhnya berfungsi sebagai tanda baca. Karenanya,
gaya ini sulit dibaca secara selintas. Biasanya, model ini digunakan untuk
aplikasi yang tidak fungsional, seperti dekorasi interior masjid atau
benda hias.